Genomika dan Sumber Daya Genetik untuk Pemuliaan Palma

Tanaman palma asli Indonesia atau menjadi tanaman penting yang dikembangkan di Indonesia di antaranya kelapa (Cocos nucifera L.) dan aren (Arenga pinnata Merr.). Kelapa sebelumnya merupakan tanaman perkebunan penting yang berfungsi sebagai penyedia minyak nabati. Sedangkan aren merupakan tanaman yang tergolong underutilized tetapi mempunyai potensi penting sebagai penghasil gula (bahan pangan) dan dapat dikonversi sebagai bahan bakar nabati serta alternatif enerji terbarukan. Kelapa sawit (Elaeis guineensis Jacq), meskipun bukan palma asli Indonesia, saat ini merupakan palma yang menempati posisi penting sebagai salah satu penghasil devisa utama untuk menghasilkan minyak nabati maupun berbagai bahan dasar industri.

Database palma ini menyediakan informasi genom ketiga tanaman palma tersebut dan akan penting sekali bagi peneliti sehingga dapat akses menggunakan tool genomika, mengefisienkan penelitian, dan mengakselerasi proses pemuliaan. Genome Browser, sekuen genom rujukan kelapa dan aren dan analisis lanjutannya, variasi genom kelapa sawit yang terintegrasi dengan transkriptom merupakan sumber berharga baik secara keilmuan maupun aplikasinya tidak hanya di Indonesia namun juga di dunia.



Proyek genom palma ini merupakan kolaborasi antara Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Sumber Daya Genetik Pertanian-Balitbangtan, Balai Penelitian Tanaman Palma-Balitbangtan, Pusat Penelitian Kelapa Sawit, dan Institut Pertanian Bogor.