Welcome to the Bovine Genome Database

Sapi merupakan hewan ternak dari anggota suku Bovidae dan anak suku Bovinae. Sapi Sapi dipelihara terutama untuk dimanfaatkan susu dan dagingnya untuk memenuhi kebutuhan pangan manusia. Ada beberapa ras sapi ternak diantaranya Bos taurus, Bos indicus, Bos javanicus domesticus dan lainnya. Di Indonesia cukup banyak sapi lokal yang memiliki potensi besar untuk ditingkatkan populasi dan produktivitasnya. Sapi Pernakan Ongole (PO) adalah salah satu rumpun sapi potong lokal yang memiliki jumlah populasi besar dan tersebar pada berbagai agroekosistem di Indonesia. Sapi PO dicirikan dengan karakteristik antara lain: warna bulu putih atau kelabu, bermata besar dan terang dengan kulit sekitar mata kira-kira 1 cm bewarna hitam, berpunuk besar di bagian gumba, berkaki panjang dengan urat kuat, bergelambir sebagai lipatan-lipatan kulit dibawah leher sampai perut.

Database genom ini bertujuan untuk membantu peneliti dan pemulia sapi daalam menyediakan navigasi dan tool anotasi untuk genom sapi. Dalam database ini, sejumlah informasi genom berdasarkan re-sekuen sapi lokal Indonesia telah tersedia. Sebaran alel pada sapi PO dan sapi perah berdasarkan genotyping dengan bovine kit juga telah diidentifikasi.



Proyek genom sapi ini merupakan kolaborasi antara Balai Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Sumber Daya Genetik Pertanian, Balai Penelitian Ternak dan Loka Penelitian Sapi Potong-Balitbangtan.